Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SURAT PERMOHONAN PENCABUTAN GUGATAN ?

    Gugatan merupakan suatu surat tuntutan hak (dalam permasalahan perdata) yang di dalamnya mengandung suatu sengketa dan merupakan landasan dasar pemeriksaan perkara yang diajukan kepada ketua Pengadilan Negeri dimana salah satu pihak sebagai penggugat untuk menggugat pihak lain sebagai tergugat.
 
    Dasar hukum mengenai gugatan diatur dalam Pasal 118 ayat (1) Herziene Inlandsch Regrelement (HIR) juncto Pasal 142 Rectsreglemt voor de Buitengewesten (RBg) dan Pasal 120 HIR. Sedangkan untuk bentuknya sendiridari dasar hukum yang terdapat di atas terdapat 2 macam bentuk gugatan yakni Gugatan tertulis dan gugatan lisan, akan tetapi kebanyakan dan yang paling diutamakan adalah gugatan tertulis.

    Namun ketika dalam proses dalam berpekara pada peradilan setelah kita mendaftarkan gugatan kita ingin berhenti karena mungkin sudah sudah terdapat penyelesaian diluar pengadilan atau ada hal lain dalam gugatan yang masih di rasa kurang sehingga ingin disempurnakan maka kita dapat melakukan pencabutan atas gugatan yang telah kita daftarkan. Hal-hal tersebut oleh pengadilan memang diberi ruang dan kesempatan'

Adapun tata cara untuk mengajukan permohonan pencabutan gugatan yang diatur dalam Pasal 271 dan 272 Reglement op de Rechsvordering (RV) yakni:
  • Surat Pencabutan Gugatan Diajukan oleh Penggugat;
  • Bentuk Surat Dibuat Sebagai Permohonan;
  • Surat Permohonan Diajukan Saat Pesidangan;
  • Dapar Diajukan Tanpa Persetujuan Tergugat.
(Untuk ponit keempat apabila sudah berlangsung hingga tahapan tergugat belum melakukan jawaban terhadap gugatan kita, jika suda dalam tahapan jawaban oleh pihak tergugat maka pembahasan lebih lajut harus mendapat persetujuan terlebih dahulu oleh pihak tergugat).
 
Bentuk format surat permohonan pencabutan gugatan pada umumnya tidak banyak perbedaan dengan bentuk sebelumnya, namun format surat pencabutan gugatan resmi dan digunakan oleh Pengadilan seluruh Indonesia karena memeliki hal-hal yang perlu dicantumkan sebagai syarat.               
 
berikut adalah contoh dari Surat Permohonan Pencabutan Gugatan:
                                                                            
 
                                      



Konoha, 31 Januari 2022

 

Perihal    : Permohonan Pencabutan Gugatan

                   Perdata No. 00/Pdt.G/2022/Pn Konoha  

 

Kepada Yth . Ketua Pengadilan Negeri Konoha

Cq. Hakim Pemeriksa Perkara Perdata 

No. 00/Pdt.G/2022/Pn Konoha

Di,-

               Konoha

 

Dengan hormat,

Saya selaku Penggugat yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                    : Uchiha Sasuke

Tempat, Tanggal Lahir         : Konoha, 28 Maret 1987

Pekerjaan                              : Shinobi

Alamat                                  : Jln. Uchiha, RT 001/RW 001, Desa Konoha, Kecamatan Konoha, 

                                                Kabupaten Konohagakure   

Dalam hal ini saya bermaksud hendak untuk mengajukan Permohonan Pencabutan Surat Guggatan yang sudah didaftarkan kepada kepaniteraan Pengadilan Negari Konoha tanggal 27 Januari 2022 dengan nomor perkara NO. 00/Pdt.G/2022/Pn konoha antara:

UCHIHA SASUKE

MELAWAN

UZUMAKI NARUTO

Surat Permohona Pencabutan ini dibuat dan diajukan pada persidangan dikarenakan Penggugat menganggap surat gugatan a qou belum sempurna sehingga di perlukan perubahan/ perbaikan.  

(alasan surat permohonan pencabutan gugatan ini disesuaikan)

Demikian Surat Permohonan Pencabutan Guggatan ini kami dibuat secara sadar dan tanpa paksaan dari pihak manapun, besar harapan agar Ketua Pengadilan Negeri Sanana Cq. Majelis Hakim dalam perkara a qou dapat memaklumi dan mengabulkannya, terimakasih atas perkanankan dan perhatiannya.

                                                             

HORMAT PENGGUGAT

                                            

 UCHIHA SASUKE

  

Format suratnya hanya merupakan referensi atau contoh sehingga bisa di ganti dan disesuaikan berdasarkan kebutuhan kondisi kita masing-masing.

Semoga bermanfaat!!! 

 

 

 

                                                            



Coretan Tanpa Batas
Coretan Tanpa Batas Kami tidak dapat menjelaskan deskripsi tentang diri kami sendiri. Jadi, biarlah isi blog ini yang mendeskripsikan semua hal tentang kami.

Posting Komentar untuk "SURAT PERMOHONAN PENCABUTAN GUGATAN ?"