Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 HAL PENTING DALAM MEMBUAT BLOG BAGI PEMULA

Perkembangan teknologi dan informasi yang kian berkembang banyak orang dapat menyalurkan inspirasi dan hobinya lewat berbagai macam media informasi secara online. Salah satunya blog menjadi wadah yang cocok untuk berkarya, khususnya dalam bentuk tulisan

Platform seperti blog memungkinkan pengguna untuk membuat konten berupa teks sederhana. Selain teks, pengguna juga dapat menyisipkan konten berbentuk foto hingga video dan banyak juga dari mereka yang melakukan kegiatan blogging untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Saat ini sumber informasi terkait tutorial cara membuat blog sudah banyak bertebaran di dunia maya.

Blog adalah sebuah aplikasi website yang berisi konten-konten tertentu. Dikutip dari Wikipedia, blog atau weblog merupakan bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan atau biasa disebut posting pada sebuah sebuah halaman website. Situs website atau blog ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan pengguna blog tersebut. 

KEGUANAAN-KEGUNAAN BLOG

  • Berbagi Banyak hal dengan Blog

Kita dapat berbagi cerita melalui media blog, topik cerita bisa sangat luas, mulai dari pengalaman kecil, pengalaman-pengalaman yang sangat berkesan. Banyak orang sukses dengan berbagi pengalamannya yang unik di media blog hingga viral dan mendapatkan penghasilan yang menakjubkan

  • Mencipatkan berbagi macam ide-ide cemerlang 

Dengan menulis di blog, kita tanpa sadar akan menambah kemampuan yang baru dan pengetahuan sekaligus. Karena, blogger harus memiliki ide-ide untuk dituangkan di blog mereka. sehingga sambil belajar dan menciptkan ide-ide cemerlang.

  • Dapat Menghasilkan Uang

Ada banyak cara memonetisasi blog untuk menghasilkan uang dari blog, banyak orang berpikir memangnya bisa ya mendapatkan uang dari blog? Saat ini sudah banyak sekali para blogger yang menghasilkan ratusan dolar dari blog-blog pribadi. Kebanyakan para blogger mendapatkan uang dari iklan google adsense, advertorial,  lomba blog, afiliasi marketing dan masih banyak lagi cara mendapatkan uang dari blog.

Berikut adalah 8 hal penting yang perlu kita siapkan jika ingin membuat blog di blogspot/blogger.com: 

 


 

1.    MENENTUKAN IDE DAN NAMA BLOG

Tentukan Blog apa yang ingin kamu buat. Kalau masih bingung, kamu bisa sesuaikan dengan hobi, passion dan tujuan awal pembuatan blog. Misalnya, kamu suka menulis. Maka blog bertemakan pengalaman-pengalaman bisa jadi pilihan. nah, Saat ide blog sudah berhasil ditentukan, sekarang saatnya memilih nama blog. Karena yang ingin dibuat adalah blog profesional, maka nama blog yang dipilih juga tidak asal-asalan. Nama blog disini akan digunakan untuk branding dan sekaligus promosi blog. Untuk blog profesional, kamu tidak akan menggunakan akhiran blogspot. Kamu akan menggunakan domain TLD seperti .COM, .NET, .ORG, .ID atau yang lainnya. Nah nama blog yang sudah kamu persiapkan, akan dikombinasikan dengan ekstensi domain TLD;

  

2.    MEMBUAT AKUN BLOG

Tentunya hal pertama yang perlu kita siapkan jika ingin membuat blog adalah akun pada platform blog dengan mendaftar akun  dan mengunjungi website www.blogger.com dan Anda akan diarahkan untuk login dan silakan login menggunakan informasi akun Gmail Anda masing-masing. Setelah selesai dibuat kita dapat mulai membuat artikel postingan, mengatur tampilan halaman depan, atau mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization);

 

3.    MENENTUKAN TEMA/TEMPLATE BLOG

Khusus setting tema pada cara membuat blog menggunakan Blog kali ini, kamu bisa mengatur tema secara manual atau default. Apabila kamu sudah memiliki tema Blog. Secara default blogspot memang memberikan cukup banyak pilihan template atau tema yang bisa kita gunakan. Untuk versi tahun 2022 kali ini, Blogspot bahkan sudah menambahkan beberapa tema baru dengan genre minimalis – modern agar tetap relevan di tengah perkembangan jaman, Untuk memilih template sebaiknya mempertimbangkan juga hal-hal berikut, template yang bersifat Clean, Responsive, Seo Friendly terhadap Menu Navigasi dan Support terhadap Social Media Share.

Namun jika kita ingin membangun blog profesional template bawaan tersebut tidak cukup unik untuk digunakan. Ya, Anda harus bisa mencari developer template custom yang bisa membuat template blog sesuai dengan kebutuhan Misalnya seperti sudah mendukung slot iklan Google Adsense yang lebih banyak, sudah SEO Friendly, kecepatan loading lebih ngebut, dan lain sebagainya contohnya seperti yang sedang kami gunakan dari Mas Sugeng yang dapat di lihat pada sugeng.id;

 

4.    MEMASANG WIDGET YANG PENTING PADA SIDEBAR

Widget adalah elemen tambahan yang bisa diletakkan pada bagian-bagian tertentu untuk melengkapi tampilan blog. Agar blog Anda semakin menarik, maka wajib hukumnya untuk memasang widget yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Contoh widget yang sering digunakan untuk mempercantik blog di tahun 2022 adalah widget popular post, widget latest post (postingan terbaru), widget social media link, widget profil penulis, widget follower, widget banner komunitas, dan lain sebagainya.

Letakkan beberapa widget di bagian sidebar jika website Anda mendukung layout dengan sidebar. Komposisi dan jumlah widget yang dipasang bisa disesuaikan dengan panjang artikel di homepage yang ditampilkan. Idealnya, posisi widget yang bertumpuk memanjang kebawah tidak melebihi panjang entri postingan agar tampilan website terlihat lebih elegan dan professional;

 

5.    MEMPERHATIKAN STRUKTUR BLOG

Menentukan peletakan sidebar juga mempengaruhi perfoma suatu blog karena dapat membuat pembaca merasa nyaman dalam membaca tulisan-tulisan kita. Dan pada umumnya blog memiliki stuktur seperti Header, Menu Navigasi, Blogspot Area, Sidebar dan Footer.

 

6.    MEMBUAT TULISAN BLOG

Langkah selanjutnya kita bisa langsung menulis ide-ide yang telah kita siapkan dan tentukan di blog. Pastikan Anda menulis konten yang sesuai dengan topik blog. 
Kemudian jangan lupa memeriksa kembali tulisan dan mengoreksi agar tidak terjadi kesalahan;
 

7.   OPTIMASI GAMBAR

Agar blog Anda semakin menarik salah satu triknya yakni dengan cara mengoptimalkan penggunakan gambar di setiap postingan. Gambar yang dimasukkan bisa berupa ilustrasi, hasil tangkapan layar, atau desain grafis, tidak melulu harus berupa foto kegiatan. Dan gunakan perbandingan foto dan teks secara seimbang agar pembaca tidak mudah merasa bosan dengan konten yang kita tuliskan;

 

8.    SHARE KE MEDIA SOSIAL

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting kita dapat melakukan promosi menyebarkan link blog melalui media sosial agar mereka tertarik mengunjungi laman blog terkait dengan cara mengcopas link blog kita untuk dibagikan atau pastikan blog kita memiliki menu sharenya.

 

Demikian pembahasan tentang 8 hal penting yang perlu diperhatikan dalam membuat blog di blogger.com.

Memutuskan untuk Membuat blog memang sederhana dan bisa dilakukan oleh semua orang, akan tetapi haruslah serius dan perlu kiranya perbanyak pengetahuan perkembangan pembuatan blog.

Terakhir, share jika artikel ini dirasa bermanfaat.

Semoga bermanfaat!

 

Coretan Tanpa Batas
Coretan Tanpa Batas Kami tidak dapat menjelaskan deskripsi tentang diri kami sendiri. Jadi, biarlah isi blog ini yang mendeskripsikan semua hal tentang kami.

4 komentar untuk "8 HAL PENTING DALAM MEMBUAT BLOG BAGI PEMULA"

  1. wahh.. bermanfaat sekali informasinyaa! terima kasih ya sudah berbagi ilmu, have a nice day!!
    mampir ke website kampus aku yukk walisongo.ac.id

    BalasHapus
  2. Konten yang Bermanfaat. Terima Kasih - https://sudutpandangcynthia.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Halo, terima kasih sudah berbagi informasi yang menarik dan bermanfaat.
    Kunjungi juga website kami di walisongo.ac.id

    BalasHapus
  4. You accrue them mechanically - there is no a|there isn't any} want signal up|to enroll}. Disabled World is an impartial disability group established in 2004 to provide disability information and data to folks with disabilities, seniors, their household and/or carers. See our homepage for informative information, evaluations, sports, stories and how-tos. You can even connect with us on Twitter and Facebook or study extra about Disabled World on our about 카지노 사이트 us web page. Our HoF Voyage function takes you on an epic journey around the world.

    BalasHapus